Pasang AC Itu Harus Dan Wajib Divakum ( Service AC Jember )

Disini Service AC Jember akan memberikan penjelasan, kenapa pemasangan unit AC harus dan wajib di vakum, baik pemasangan AC baru maupun bekas , terutama untuk type unit AC yang memakai freon R32 dan R410A.

Dari sini kita akan mengetahui perbedaan teknisi AC dan Tukang AC, mengapa demikian ?? karena dalam pemasangan unit AC baru maupun bekas, kami bekerja sesuai SOP ( standard operating procedure ) yang telah diamanatkan oleh pabrikan / perusaahan pembuat unit AC tersebut .. sehingga, bila terjadi sesuatu pada unit AC baru anda, garansi resmi akan tetap berlaku karena memang instalasi pemasangan yang kami kerjakan ( Service AC Jember ) telah sesuai SOP.

Point tertulis di buku garansi : " Garansi Tidak berlaku Bila Pemasangan Instalasi Tidak Standart
contoh salah satunya adalah pemasangan tanpa melalui proses vakum !!!

Kenapa pabrikan/produsen unit AC menekankan tentang hal diatas ( vakum ) ? karena pemasangan yang tidak standart pepat atau lambat pastinya akan mempengaruhi performa kerja unit AC yang anda beli dan ini berlaku juga pada pemasangan AC bekas.

service ac jember

service ac jember
service ac jember



Teknis Kerja
AC lama dengan R22 memakai oli Mineral Oil (MO), karena MO masih bisa melarut (menyatu dengan R22) untuk disirkulasikan kembali ke kompresor.

Pemerintah sudah melarang R22 di AC baru , sehingga pabrikan harus mengganti yang dipilih R32 / R410A jenis HFC. R32/R410A tidak bisa melarutkan MO, sehingga tidak bisa membawa MO kembali ke kompresor.
Untuk memastikan oli bisa kembali ke kompresor pabrikan mencari oli lain, pilihan paling baik polyolester (POE). R32/R410A bisa melarutkan/mengikat oli POE dan dengan baik mensirkulasikan kembali ke kompressor.

Masalahnya oli POE ini "sangat hygroscopic", sangat mudah/kuat menyerap air dan uap air dari udara.
Bandingkan tingkat hygroscopic keduanya:
MO : 25 ppm (part per million); oli untuk Refrigerant R22
POE : 2.500 ppm. Oli untuk refrigerant HFC, R410A, R32, R407C dll.



Kalau ada uap air dalam sistem pendinginan, oli POE langsung menyerap 2.500 ppm air!
Ini akan membuat lebih besar reaksi menjadi asam, membuat oli jadi jelly dan seperti lumpur. Tinggal menunggu waktu kapan enamel terkikis dan terbakar atau macet karena jelly, tergantung kondisi pemakaian. Jadi kalau masih dingin dalam 1 bulan 2 bulan, belum tentu tidak bermasalah, tinggal tunggu waktu!

Itulah sebabnya AC baru sekarang yang dengan oli POE, MUTLAK divakum, untuk menghilangkan udara dan uap air. Tidak bisa lagi dengan cara lama hanya "dijoss" atau air purging.
Beda olinya, beda ringkihnya.

Kami tambahkan disini.. memakai sistem ngejoos ( Air Purging )   / tanpa vakum akan mengurangi volume freon yang sudah ditambahkan di unit outdoor ( saat anda beli unit AC baru ) .. apalagi jika instalasi pipa AC anda panjang... berapa banyak freon yang dibuang untuk mendorong up air / kotoran pada pipa instalasi ?
ini akan mempengaruhi kinerja / performa unit AC anda dan anda otomatis akan diminta tambah freon untuk service berikutnya karena freon kurang karena terbuang sat proses pemasangan tanpa vakum.

Kesimpulannya, Anda tinggal memilih :
1. Memilih Pemasangan Unit AC Dengan Proses Vakum sesuai SOP ( Garansi Resmi Anda Terjamin + Garansi Kerja Dari Kami " Service AC Jember" 1-3 Bulan ) Atau
2. Memilih Pemasangan Unit AC Tanpa Proses Vakum ( Garansi Resmi Ditolak + Performa Unit AC Anda Tidak Maksimal Karena Freon Terbuang )

Harapannya Kenapa Artikel ini Dibuat Agar Teknisi Dan Konsumen bisa bekerja sama dan dapat bekerja sama dengan baik... Teknisi Puas Bekerja Sesuai SOP .. Konsumen Senang Performa Unit AC nya Maksimal.

Terima Kasih .. Semoga Bermanfaat

Special Thanks To :
Togar Lumbantoruan
Mujiono Kismantoro
KlinikAC

( Service AC Jember )

16.53.00 - tanpa komentar

0 komentar untuk Pasang AC Itu Harus Dan Wajib Divakum ( Service AC Jember ).